Pelatihan Peningkatan Kewirausahaan Ukm Keripik Dan Minuman Desa Yosowilangun Lor Kecamatan Yosowilangun

  • Neny Tri Indrianasari STIE WIdya Gama Lumajang
Keywords: UKM, kewirausahaan, manajemen

Abstract

Salah  satu  cara  untuk  meningkatkan jumlah usaha di lingkungan Yosowilangun Lor khususnya adalah dengan meningkatkan sektor kewirausahaan di sektor makanan dan minuman yaitu produk keripik dan jamu. Akan tetapi terdapat permasalahan pada umumnya yang mengitari pengusaha–pengusaha tersebut yang menghambat pertumbuhannya meliputi beberapa hal mendasar seperti; lemahnya mental berwirausaha, ketertutupan dan ketidakjelasan entitas, akuntabilitas, pemasaran, keterikatan yang kuat pada tradisi sehingga kurang tanggap dan adaptif terhadap tuntutan perubahan, ketertinggalan teknologi, dan cenderung mengabaikan mutu. Dengan demikian kegiatan Pengabdian Masyarakat diselenggarakan berupa pelatihan mengenai pelatihan bidang pemasaran dan konsep kewirausahaan. Metode pelaksaan kegiatan terdiri dari tiga tahap. Pertama tahap persiapan, Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan program berupa pelatihan. Tahap ketiga yaitu tahap evaluasi dan pelaporan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Santoso, Ivan Rahmat. 2018. Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Biyonga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.

Satyarini, Ria. 2013. Pengabdian bagi Pelaku Usaha di Sekitar Unpar. Bandung: Jurnal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Prahayangan.
Sukmadewi, Yudhitiya Dyah. 2017. Sosialisasi Legalitas Dan Manajemen Usaha Bagi Pelaku Usaha Umkm Di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Semarang : Universitas Semarang.
Published
2019-03-12
How to Cite
Indrianasari, N. (2019, March 12). Pelatihan Peningkatan Kewirausahaan Ukm Keripik Dan Minuman Desa Yosowilangun Lor Kecamatan Yosowilangun. EMPOWERMENT SOCIETY, 2(1), 23-28. Retrieved from http://ejournal.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/eps/article/view/395
Section
Articles