Strategi Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Pembentukan Destinasi Wisata dan Usaha Kecil

  • RIZA BAHTIAR SULISTYAN STIE WIDYA GAMA LUMAJANG
  • Hudi Setyobakti Sekolah Tinggi ILmu Ekonomi Widya Gama Lumajang
  • Kusnanto Darmawan Sekolah Tinggi ILmu Ekonomi Widya Gama Lumajang
Keywords: Pariwisata, Kewirausahaan, Ekonomi Masyarakat, Pemerintah Desa.

Abstract

Pemerintah Kabupaten Lumajang mempunyai harapan yang tinggi dibidang pariwisata dan kewirausahaan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Salah satu daerah yang mengalami permasalahan pada dua bidang tersebut adalah Desa Wonokerto Kecamatan Gucialit. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengatasi permasalahan yang muncul didaerah tersebut melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 27 mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang, mulai tanggal 2 Mei 2019 sampai 29 Juni 2019. Metode yang dilaksanakan berupa pelatihan, sosialisasi, dan bantuan fisik. Hasil dari kegiatan ini berupa meningkatnya keterampilan masyarakat, tersedianya sarana penunjang di lokasi wisata sumber sedaeng dan sumber winong, serta terbentuknya kedasaran masyarakat akan potensi wisata yang ada didaerahnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

http://lumajangsatu.com/baca/warga-gucialit-rasakan-manfaat-kkn-ppm-hibah-kemenristekdikti.
Prameswari, P. I., Nawangsih, & Sulistyan, R. B. (2018). Identifikasi Preferensi Pengunjung Terhadap Destinasi Wisata. Progress Conference, 1(1), 138-145.
Prasetyo, M. H., & Saepudin, A. (2017). Social Entrepreneurship dan Experiential Marketing terhadap Corporate Image pada Warung Kopi Kiwari Bandung. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 4(3), 345-359.
Sulistyan, R. B. (2017a). Contribution Of Leadership And Environmental Work In Improving Employee Motivation. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 1(2), 166-177.
Sulistyan, R. B. (2017b). Website Management Training Tourism Village in Sumber Pakel Padang District Lumajang. International Journal of Society Development and Engagement, 1(1), 120-128.
Published
2019-08-07
How to Cite
SULISTYAN, R. B., Setyobakti, H., & Darmawan, K. (2019). Strategi Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Pembentukan Destinasi Wisata dan Usaha Kecil. EMPOWERMENT SOCIETY, 2(2), 1-7. Retrieved from http://ejournal.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/eps/article/view/457
Section
Articles