PENGEMBANGAN SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PADA UKM “KLAPAN JAYA” DI KABUPATEN LUMAJANG

  • HESTI BUDIWATI STIE WIDYA GAMA LUMAJANG
Keywords: Social Entrepreneurship, Manajemen, UKM.

Abstract

Kemandirian ekonomi adalah salah satu jawaban untuk menghadapi kompetisi di era global sehinga masyarakat mampu keluar dari kemiskinan dan keterbelakangan.Peluang kerja yang terbatas menuntut sumber daya lokal agar memiliki kemampuan dalam membuka lapangan kerja sendiri dengan mengolah sumber daya yang ada melalui inovasi dan perbaikan-perbaikan yang berkelanjutan.Berangkat dari alasan inilah maka muncul ketertarikan untuk bermitra dengan UKM “Klapan Jaya” di Kelurahan Jogotrunan Kabupaten Lumajang. UKM “Klapan Jaya” merupakan kelompok usaha yang terdiri dari berbagai macam usaha dari sekelompok orang yang memiliki usaha kecil di Kelurahan Jogotrunan Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang.Kelompok UKM ini belum begitu mampu menggerakkan usahanya yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya.Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mencapai target yaitu (1) Peningkatan ketrampilan mitra dalam menjalankan usahanya dengan berkelanjutan, (2) Terbentuk pemahaman dan  kemampuan sumber daya manusia dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya dan (3) Peningkatan strategi pemasaran agar mampu bersaing dalam memasarkan produknya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanto, Y. dkk. (2008). “Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Pengelolaan Sumberdaya Air yang Berkelanjutan”. Makalah Pada PKM IPB, Bogor.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Lumajang. 2014. Kabupaten Lumajang Dalam Angka, Lumajang Regency In Figures 2014. ISSN:0215.5648. BPS Kabupaten Lumajang.

WibowodanNulhaqim. 2015. KewirausahaanSosial.Unpad press. ISBN: 978-602-0810-01-0. Bandung.

Zakaria. Wan Abbas. 2008. Dinamika Pembangunan Pertanian dan Perdesaan, Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Departemen Pertanian.
Published
2019-08-07
How to Cite
BUDIWATI, H. (2019). PENGEMBANGAN SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PADA UKM “KLAPAN JAYA” DI KABUPATEN LUMAJANG. EMPOWERMENT SOCIETY, 2(2), 23-30. Retrieved from http://ejournal.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/eps/article/view/460
Section
Articles