Minat Memesan Kembali Transportasi Online

  • Sukma Irdiana STIE Widya Gama Lumajang
  • Jovi Iristian Universitas DR. Soetomo
Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Minat Menggunakan Kembali Jasa Transportasi Online

Abstract

Jasa transportasi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, saat ini transportasi umum sudah dapat diakses melalui internet. Perkembangan ini memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan pelayanan jasa transportasi umum. Masyarakat kini dapat menggunakan jasa transportasi umum dimana dan kapan pun mereka inginkan. Kini masyarakat yang tinggal di Daerah Perkotaan sudah mulai beralih menggunakan jasa transportasi umum. Jasa transportasi online adalah industri yang populer sekarang ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dan harga terhadap minat memesan kembali jasa transportasi online dengan kepuasan pelaggan sebagai variable intervening. Populasi adalah pelanggan pengguna jasa transportasi online “Grab”. Penelitian ini menggunakan 100 sampel responden dengan kriteria telah menggunakan layanan jasa transportasi online lebih dari dua kali. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda yang disalurkan melalui SPSS 21 program. Berdasarkan hasil penelitian, hasil bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan harga tidak berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan. Dengan regresi berganda koefisien Y1=7,957+0,316 X1-0,084 X2 dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap niat memesan kembali jasa transportasi online dengan koefisien regresi sederhana adalah Y2=0,232 Y1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, D. G. A., & Suprapti, N. W. S. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN GOJEK DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(11), 6041 – 6069. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i11.p9

Alam, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Sembilan ed.). Bandung: Alfabeth.

Fornell, C. (1992). A National Customer Satisfaction Barometer: The Swedish Experience. Journal of Marketing, 56(1), 6-21.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamdani, A., & Lupiyoadi, R. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Irawan, H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kartajaya, H. (2002). Hermawan Kartajaya On Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kinnear, T. C., & Taylor, J. R. (1995). Marketing Research: An Applied Approach: McGraw Hill Text.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran (Millenium ed.). Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Manajemen (12 ed.). Jakarta: Erlangga.

Lubis, A. N., & Martin. (2009). Pengaruh Harga (Price) dan Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSU Deli Medan. Manajemen Bisnis, 2(1), 21-24.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (3 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Norhermaya, Y. A. (2016). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI ULANG (Studi Kasus Online Store Lazada.co.id). Semarang: FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Nurhayati, & Murti, W. W. (2012). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI ULANG MASYARAKAT TERHADAP PRODUK HANDPHONE. VALUE ADDED, 8, 47-62.

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI PADA RANCH MARKET. Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3(1), 1-22.
Stanton, W. J. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Tetanoe, V. R., & Dharmayanti, D. (2014). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening di Breadtalk Surabaya Town Square. Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1-12.

Tjiptono, F. (1999). Strategi Pemsaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2004). Strategi Pemasaran (II ed.). Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (III ed.). Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, F. (2012). Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima (III ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Zahra, A. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA PELANGGAN GOJEK DI KOTA YOGYAKARTA). Yogyakarta: PROGRAM STUDI MANAJEMEN - JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
Published
2019-09-03