ANALISIS KOMPARASI METODE PREDIKSI PENDAPATAN OPERASIONAL PADA KELOMPOK KEGIATAN USAHA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI JAWA TIMUR

Authors

  • Zainul Hidayat STIE Widya Gama Lumajang
  • Jesi Irwanto STIE Widya Gama Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.30741/adv.v2i1.310

Keywords:

Pendapatan Operasional, Least Square, Product Moment, Semi Avarage

Abstract

Kegiatan perbankan bertujuan untuk meraih laba yang optimal, salah satunya melalui pendapatan operasional. Setiap tahun perbankan diwajibkan untuk menyusun rencana anggaran, oleh karena itu bank perlu mengetahui prediksi pendapatan operaisonal yang akurat. Penelitian ini bertujuan membandingkan hasil analisis prediksi pendapatan operasional menggunakan metode product moment, least square dan semi average, serta menentukan metode yang memiliki ketepatan prediksi pendapatan operasional yang akurat pada kelompok kegiatan usaha BPR di Jawa Timur. Sampel penelitian terdiri dari 4 (empat) BPR kategori kegiatan usaha 1 dan 4 (empat) BPR kategori kegiatan usaha 2. Perhitungan dilakukan pada masing-masing BPR dengan menggunakan 3 (tiga) metode prediksi memberikan hasil yang berbeda. Metode prediksi yang akurat digunakan memprediksi pendapatan operasional BPR kategori kegiatan usaha 1 adalah metode least square, sedangkan pada BPR kategori kegiatan usaha 2 maka metode prediksi yang akurat untuk memprediksi pendapatan operasional adalah metode product moment. Secara keseluruhan metode least square dan metode product moment merupakan metode yang akurat memprediksi pendapatan operasional pada BPR. Metode prediksi pendapatan operasional pada setiap BPR akan berbeda karena itu tergantung pada karakter dan kegiatan bank bersangkutan. Oleh karena itu bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan obyek penelitian yang lebih luas.
Kata kunci : Pendapatan Operasional, Least Square, Product Moment, Semi Avarage.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisaputro, Gunawan dan Yunita Anggarini. 2011. Anggaran Bisnis. Edisi Kedua. UPP STIM YKPN: Yogyakarta.
Aksoy, Asli and Nursel Ozturk (2012). A Decision Support System For Demand Forecasting In The Clothing Industry.(online). (www.emarald.co.id). 02 maret 2016.
Atmaja, Lukas Setia. 2009. Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi Pertama. CV. Andi Offset: Yogyakarta.
Fahmi, Irham. 2014. Studi Kelayakan Bisnis Dan Keputusan Investasi. Edisi pertama. Mitra Wacana Media: Jakarta.
Farnoosh, R. P. Nabati and A. Hajirajabi (2012). Parameters Estimation For RL Electrical Circuits Based On Least Square And Bayesian Approach. (online). (www.emarald.co.id). Diaskes 02 maret 2016.
Hakim, Abdul. 2004. Statistik Deskriptif. Edisi Kedua. Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi UII: Yogyakarta.
Paramita, Citra. 2011. Analisis Perbandingan Bahan Minyak Dengan Standar Kesalahan Peramalan (SKP) Pada PT Pertamina (Persero)Region IV Jateng Dan DIY. Skripsi. (Online). (https://scholar.google.co.id). Diaskes 02 Maret 2016.
Prawironegoro. Darsono dan Ari Purwanto. 2010. Penganggaran Perusahaan. Edisi Kedua. Mitra Wacana Media: Jakarta.
Rahayu, Sri dan Andry Arifian Rachman. 2013. Penyusunan Anggaran. Edisi Pertama. Graha Ilmu: Yogyakarta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Edisi Empat. CV. Alfabeta: Bandung.

Downloads

Published

2018-06-30

Issue

Section

Articles