ANALISIS PENILAIAN KESEHATAN BMT USAHA GABUNGAN TERPADU (UGT) SIDOGIRI PASURUAN

Authors

  • Yekti Rahajeng Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Tumini Tumini Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Herlin Herawati Universitas Panca Marga Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.30741/adv.v2i02.360

Keywords:

BMT, penilaian, kesehatan, nilai, skor

Abstract

. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis tingkat kesehatan BMT Sidogiri tahun 2017 berdasarkan pada Peraturan Deputi Bid. Pengawasan Kementerian KUKM RI No 7/Per/Dep.6/IV/2016 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan KSPPS-USPPS. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari : teknik analisis data adalah statistik deskriptif dengan aspek penilaian meliputi 8 aspek penilaian. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai total skor BMT Sidogiri pada tahun 2017 adalah sebesar 87,60 dengan predikat SEHAT. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa aspek likuiditas terutama dari segi rasio pembiayaan atas dana yang diterima dan aspek kemandirian pertumbuhan terutama dari segi rentabilitas aset merupakan aspek kelemahan BMT Sidogiri yang harus segera diatasi, karena apabila dibiarkan dapat berdampak terhadap bidang yang lainnya. Selain dari aspek likuiditas terutama dari segi rasio pembiayaan atas dana yang diterima dan aspek kemandirian pertumbuhan terutama dari segi rentabilitas, ternyata masih terdapat beberapa aspek lainnya yang harus lebih ditingkatkan lagi kinerjanya walaupun masih dalam kondisi aman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonymous. (2017). Profil Perusahaan. http://bmtugtsidogiri.co.id/profil diakses pada tanggal 15 Mei 2017.

Deputi Bidang Pengawasan Kementerian KUKM RI. (2016). Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian KUKM RI No 7/Per/Dep.6/IV/2016 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan KSPPS dan USPPS. Jakarta : Deputi Bidang Pengawasan Kementerian KUKM RI.

Menteri KUKM RI. (2015). Peraturan Menteri KUKM RI No 16/Per/M.KUKM/IX/2015 (tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah. Jakarta : Menteri KUKM RI

Setyo, Braman. (2016). Outlook Usaha Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah 2016. Jakarta : Workshop

“Penumbuhan Dan Pengembangan Usaha Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Oleh Koperasi” oleh Deputi Bid. Pembiayaan Kementerian KUKM tanggal 28 Januari 2015.

Silalahi, Ulber. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung : Refika Aditama

Sugiyono, Prof. Dr. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles